Tuesday, November 20, 2018

Konfigurasi Samba

Persiapan praktikum :

    Siapkan sebuah pc host yang sudah terinstall virtual di dalamnya. Siapkan pula sebuah OS Debian 9 yang sudah terinstall.
    Pastikan jaringannya dapat terhubung satu sama lain antara pc dan virtual dengan cara.

1. Langkah pertama yang dilakukan yaitu instal samba , samba-client , cifs-utils dengan menggunakan perintah apt-get install samba samba-client cifs-utils . Dan akan keluar pilihan pilih Y enter.


2. Selanjutnya buat direktori baru dengan perintah mkdir tekaje ( nama direktori yang akan dibuat ) . Kemudian enter , masukkan perintah chmod 777 tekaje ( nama direktori yang akan dibuat ) agar direktori baru bisa digunakan.


3. Buat user baru dengan perintah useradd tkj3 ( nama user baru ) jika sudah pilih enter . Kemudian tambahkan pasword dengan perintah smbpasswd –a tkj3 (nama user) ,enter , masukkan pasword anda dan enter.


4. Masuk ke dalam konfigurasi samba dengan perintah nano /etc/samba/smb.conf . Kemudian tambahkan tulisan paling bawah seperti berikut. Jika sudah Ctrl+X , Y , enter



6. Setelah setting konfigurasi samba lakukan restart dengan perintah /etc/init.d/samba restart


7. Kemudian cek dibagian file manager dengan memasukkan IP server dibagian Search .Selanjutnya ketik \\192.168.0.6 maka akan keluar perintah memasukkan user dan password dan sudah terbuka 


8. Jika sudah berhasil selanjutnya masuk dibagian sharing file dari linux ke windows . Langkah pertama pindah direktori ke samba1 dengan perintah cd tekaje


9. Kemudian masukkan perintah mount –t cifs //(IP Server)//(direktori)/ /mnt –o user=(user) , sebagai berikut  mount –t cifs //192.168.0.6/sharing/ /mnt –o user=tkj3


10. Kemudian pindah direktori ke dalam /mnt dengan perintah cd /mnt


11. Sekarang kita mengisi dengan membuat file dengan perintah nano tes.txt, kemudian cek dengan perintah ls –l maka akan terlihat isi direktori /mnt sebagai berikut.


12. Untuk melihat hasil akhir di File Manager masukkan IP dibagian Search kemudian buka \\192.168.0.6maka akan terlihat file yang kita buat di linux tadi. 


 
Sekian Terima kasih :D

Rio Akhmad R

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment